Mendaki gunung merbabu via jalur tercepat

Assalamualaikum...😊

Siapa sih yang gak kenal gunung indah di jawa tengah ini?
Yapssss gunung merbabu, gunung ini banyak dikunjungi para pendaki karna selain pemandangannya sungguh luar biasa gunung ini juga memiliki 4 jalur pendakian dari yang mudah sampai yang extreme.

Disitulah aku dan teman-teman berencana mendaki gunung merbabu ini.
Tanggal 14 juli 2017 lalu saya mulai perjalanan menuju semarang menaiki kereta api dari surabaya pasar turi, jarak yg dilalui 4 jam 28 menit dan sampailah di stasiun tawang semarang saya dijemput sinyo alias mas rizky wkwk, saya singgah di kosannya lidya.
Nah sorenya teman-teman kumpul dan kita mulai perjalanan dari semarang menuju boyolali menggunakan sepeda motor, jarak yg ditempuh kurang lebih 2 jam perjalanan tapi kayaknya lebih sih soalnya sore itu hujan hehe.
Sesampainya kita di basecamp, kita langsung istirahat tidur biar besok pendakiannya lancar.

Tanggal 15 juli 2017 kita bangun subuh dan siap-siap packing tapi ditengah dinginnya kaki gunung merbabu saya pun ingin keluar basecamp dan ternyata dikanan saya gunung merapi telah menyapa saya, sungguh indah pagi hari itu.
Nah, selesai kita packing terus keluar basecamp dan sebelum kita memulai perjalanan kita berdoa terlebih dahulu untuk meminta perlindungan keselamatan dan kelancaran agar kita sampai rumah kembali.

Oh iya sampai lupa gaes saya mendaki bareng teman-teman dari semarang (mas rizky), surabaya (mas satrio), kudus (mbak mossy, cemplon alias mbak novi,  wagio alias iqbal) dll pokoknya banyak deh hehe. Kita mendaki lewat jalur gancik gaes jalur tercepat diantara jalur yang lainnya.
Mulailah kita mendaki jalannya kayak cor-coran gitu terus menanjak seperti ini.

Setelah kurang lebih setengah jam kami sampai di gancik hill top ini adalah  tempat wisata di kakgunung merbabu, kita memutuskan untuk istirahat sejenak sambil memandang gagahnya gunung
merapi sama seperti gagahnya kamu gitu heheheeeee...

Kita lanjut perjalanan menuju pos 1 dan sampailah kami di pos, disini tempatnya lumayan luas tapi kalau kalian ngecamp disini ya jelas puncak masih jauh banget gaes wkwk,  kami beristirahat sebentar sambil minum dan makan camilan.

Lanjut lagi perjalanan ke pos 2 jalannya masih rimbun dengan pepohonan sampai di pos 2 kami juga  beristirahat.

Selanjutnya trek yang akan kita lalui jauh lebih sulit. Trek tanjakan dan keluar dari hutan sehingga angin sering menerpa. Sebelum pos 3 kita menjumpai hamparan luas yaitu pos bayangan. Kita naik ke bukit kecil dan turun bukit kita sudah sampai di pos 3 disini angin makin kencang gaes hehe. Eh disini juga titik pertemuan lewat jalur selo hlo tapi disini gak ada pohon buat berteduh  jadi kita lanjut menuju sabana 1.
Nah tepat di depan menuju sabana 1 tracknya extreme banget!!!
Track yang sangat miring kalau musim kemarau debunya bisa bikin nafas sesak dan mata pedih tapi lebih sulit lagi bila musim hujan, pastinya sangat licin.
Disinilah track paling sulit kalau lewat jalur gancik.
Saya naik duluan dan teman-teman saya masih di bawah, saya tidak sabar untuk segera sampai di sabana 1 ya namanya track menanjak terus tanpa ampun tiap berapa kali naik nafas ngos-ngosan istirahat.

Sampai di sabana 1 disini sudah banyak pendaki yang camp, selain lokasinya luas disini juga banyak pohon yang jadi penahan angin.
Saya beristirahat menunggu teman-teman tapi sudah agak lama belum sampai juga akhirnya saya melanjutkan sendirian menuju sabana 2 tracknya sama naik bukit juga seperti tadi.

Setelah saya sampai diatas saya istirahat sejenak dan melanjutkan perjalanan turun dan itu landai hlo gaes turunannya enak polll wkwk.

Sampai deh di sabana 2 dan disini aku sendirian ga ada satu orang pun, hati jadi degdegan kayak lagi jatuh cinta gitu wkwk tapi takut, lama banget temanku baru datang nah kita nunggu teman-teman yg membawa tenda.
Eh tak disangka-sangka dan gak janjian ketemu rombongannya anggar, cahyo, lek sandi, mas ibnu, mas adot dan pendaki dari jawa barat rafli dan kawannya.

Yaudah kita mendirikan tenda bareng-bareng, malampun tiba kita memasak sambil bercanda gitu
suweru dehhhhh!

Lanjut habis makan kita langsung beristirahat tidur, pagi-pagi kita bangun dan siap untuk muncak yeyyyyyyy.

Kita naik menuju watu lumpang, disini teman-teman gak mau naik kepuncak katanya udah pernah hmmm..
Yauda aku naik kepuncak sama mas adot aja deh soalnya kan aku baru pertama kali ke gunung ini.

Puncak pertamaku di kenteng songo, disini kita bisa liat view gunung 3s (sindoro,sumbing, selamet)

Nah puncak keduaku di triangulasi, disini bener-bener kalian melihat gagah dan indahnya gunung merapi.

Lalu ini puncak terakhirku adalah swanting, disinilah saya tau allah itu maha penguasa alam menciptakan keindahan ini, kita bisa belajar susah dahulu baru senang kemudian inilah kesenangan para pendaki melihat keagungan allah yang luar biasa indahnya.
Setelah itu kita turun, masak terus makan bersama dan mulai packing buat turun, saya ikut rombongan anggar lewat via selo.

Sekian dari perjalanan saya ke gunung merbabu via gancik.